You are currently viewing Tutorial Lengkap Mendaftar ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Tutorial Lengkap Mendaftar ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Panduan cara mendaftar di OJK pada halaman ini kami sediakan untuk publik, ketika perusahaan kami mencoba mendaftarkan diri ke OJK. Jadi, panduan ini dibuat berdasarkan langkah yang memang kami praktekan. Bukan berdasarkan pembuatan tutorial semata.

Ketika kami mendapatkan permintaan oleh pihak OJK langsung untuk mengurus perijinan, kami langsung bertindak untuk melakukan nya. Kami mempercayakan penanganan hal ini kepada salah satu Staff Assistant kami yang bernama Jessica.

Ketika menangani hal ini, kami juga meminta Jessica untuk membuat video tutorial nya sekalian, sebagai bahan pembelajaran kepada Staff yang lain. Dan akhirnya, untuk memberikan kontribusi kepada publik juga, kami melakukan release video tutorial nya.

Mengisi data dan penjelasan maksud setiap kolom data

Untuk mendaftar, Anda hanya perlu mengisi formulir yang telah disediakan (kami sertakan tautan nya dibawah ini). Tutorial pengisian formulir, dan penjelasan mengenai maksud dari setiap kolom pada formulir, bisa dilihat pada video dibawah ini.

Artikel panduan ini telah ditulis ulang, untuk memudahkan pembaca memahami langkah- langkah yang harus ditempuh. Untuk artikel asli, bisa dilihat disini: Artikel Asli- Pendaftaran ke OJK

Pertanyaan Umum terkait pendaftaran ke OJK

Beberapa pertanyaan yang mungkin sering diajukan ketika mendaftar ke OJK, kami coba jawab dibawah ini. Jawaban kami dapatkan langsung dari Staff OJK.

  1. Perusahaan dengan beberapa KBLI tidak masalah. Saat daftar, pilih satu KBLI yang paling cocok dengan pendaftarannya dan gunakan itu saja untuk mendaftar, tidak perlu mendaftar berkali- kali jika memiliki beberapa KBLI
  2. Saat pendaftaran, daftar pakai nama brand yang ingin didaftar, dan bukan nama PT nya
  3. Sandbox hanya bisa diikuti oleh perusahaan yang sudah terdaftar di OJK selama satu tahun atau lebih

 

Timeline

Setiap mencoba melakukan pendaftaran, pasti akan ada beberapa kendala yang muncul. Berikut ini kami coba bagikan pengalaman perusahaan kami ketika mendaftar ke OJK. Diharapkan, Anda tidak perlu terlalu mengeluh dengan kendala yang Anda miliki sendiri, karena kami juga -dan pihak lain- juga mengalami nya.

Artikel dibawah ini dituliskan oleh Staff Assistant kami, dalam sudut pandang penulisan laporan.

  • Mengerti apa itu OJK dan mencari tahu apa saja yang diperlukan untuk pendaftaran ke OJK.
    • Saya sudah mencari tahu tentang pendaftaran sebuah perusahaan ke OJK.
    • Saya rangkum bahwa untuk mendaftarkan sebuah perusahaan equity crowdfunding ke OJK, hanya perlu untuk mengisi dua formulir yaitu, Formulir Permohonan Perizinan Penyelenggara, dan Checklist Permohonan Izin Usaha Penyelenggara.
    • Checklist Permohonan Izin Usaha Penyelenggara diberikan oleh OJK untuk membantu penyelenggara mengisi formulir yang diberikan.
  • Setelah mengetahui apa saja yang diperlukan, kontak OJK untuk memastikannya dan juga untuk menanyakan hal- hal yang masih diragukan ataupun yang tidak diketahui. Hal- hal yang harus dicari tahu, seperti Pengujian Sandbox dan ketentuannya agar bisa lolos, nama perusahaan yang seharusnya digunakan saat melakukan pendaftaran, dsb.

 

Pengalaman menghubungi OJK

Mencoba menelepon OJK

  1. Awalnya saya mencoba menelepon OJK menggunakan nomor 157, tetapi ketika sudah diangkat dan sedang bertanya, teleponnya selalu terputus.
  2. Saya juga mencoba untuk menelepon OJK melalui telepon kantor cabangnya yang di DKI Jakarta. Kejadian yang sama terulang dan telepon juga terputus, selain itu ada juga kalanya operator lagi sibuk sehingga saya mencoba lagi dalam 30 menit, dan saat operator sudah mengangkatnya dan menghubungkan saya dengan pihak yang bisa menjawab pertanyaan saya, teleponnya tidak diangkat sama sekali oleh pihak tersebut.
  3. Tetapi saya tetap mencobanya sehingga akhirnya diangkat, tidak terputus, dan bisa berhasil bertanya jawab dengan operatornya. Bukti bisa dilihat di SoundCloud berikut.

Mengirim email ke OJK

Karena menelepon OJK sangatlah sulit, saya juga mencoba mengirim email, dan walaupun butuh beberapa hari untuk meneriman balasan, tetapi tetap dibalas:

Email balasan dari OJK

 

Jawaban OJK mengenai Issue yang dimiliki perusahaan

  1. Untuk pendaftaran sebuah perusahaan equity crowdfunding ke OJK, ada satu formulir yang harus diisi dan satu checklist yang dipakai untuk membantu mengisi kedua formulir tersebut:
    1. Formulir Permohonan Perizinan Penyelenggara
    2. Checklist Permohonan Izin Usaha Penyelenggara
  2. Modal paling sedikit untuk sebuah perusahaan equity crowdfunding agar bisa mendaftarkan diri ke OJK adalah 2.5 miliar
  3. Lain nya, bisa dilihat di bagian: Pertanyaan Umum terkait pendaftaran ke OJK

Melakukan pengisian formulir dan data lain

Setelah memastikan jawaban atas hal- hal yang diragukan, dan mengerti cara mendaftarkan perusahaan ke OJK, kami kemudian mengisi Formulir Permohonan Perizinan Penyelenggara dan Checklist Permohonan Izin Usaha Penyelenggara. Kami juga membuat video tutorial nya, yang telah kami cantumkan diatas.

Terakhir, melakukan pendaftaran, tetapi tidak sampai pada tahap submit

Pengisian formulir sudah dilakukan, dan telah di isi selengkap mungkin. Ada beberapa bagian yang masih belum di isi, karena membutuhkan review terlebih dahulu, dan pengisian langsung oleh Direktur.

Leave a Reply