Perbandingan Sistem dan Pelayanan Perusahaan Besar VS STAR SHARE

Perbandingan Sistem dan Pelayanan Perusahaan Besar VS STAR SHARE

Ada satu pertanyaan yang cukup mengganggu kami di hari- hari ini. Terdapat salah satu Kien yang membandingkan sistem dan layanan di STAR SHARE, dengan perusahaan besar pada umum nya. Dia ragu, bahwasanya perusahaan STAR SHARE yang berskala menengah keatas ini pasti akan kalah bersaing dengan perusahaan skala atas. Baik dari segi sistem, atau pun pelayanan. Sehingga, dia berencana untuk beralih menggunakan layanan dari perusahaan besar.

Tentu saja, keputusan untuk menggunakan atau tidak menggunakan layanan kami adalah sepenuhnya ditangan klien. Namun, disini kami ingin menjelaskan, bahwasanya dari pengamatan yang kami lakukan, justru malah pelayanan dan sistem perusahaan kami jauh lebih unggul daripada kebanyakan perusahaan besar.

Sebelum beranjak ke contoh kasus yang ingin kami tunjukan, kami ingin memberikan gambaran perbandingan atas kejadian ini. Microsoft dan Zoho. Dua perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, namun menurut kami, pelayanan dan sistem yang dimiliki Zoho, jauh lebih baik daripada Microsoft.

Microsoft lebih banyak dikenal orang. Lebih populer, dan memiliki lebih banyak produk/ layanan. Tapi, apabila Anda pernah benar- benar menggunakan dua layanan tersebut, Zoho memiliki kualitas yang jauh lebih unggul.

Lantas, apa yang membuat kami (STAR SHARE) sebenarnya lebih unggul dari perusahaan atas sekalipun?. Dari segi sistem, platform kami jarang menemui bugs. Dari segi pelayanan, kami jauh lebih cepat tanggap untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh konsumen. Berikut adalah contoh kasus nya, yang pernah kami alami sendiri.

 

Pelayanan OVO

Pernah suatu ketika, akun OVO milik kami tidak bisa login dikarenakan nomor yang digunakan hangus. Tapi, tanggapan pihak OVO untuk menyelesaikan hal ini sangat lama sekali. Bahkan, sampai artikel ini kami buat, masalah kami tidak kunjung diselesaikan. Kami menganggap, pelayanan Customer Care OVO sangat mengecewakan. Berikut adalah kronologi nya.

Anda bisa melihat dari screen shoot yang kami lampirkan diatas, dari tanggal 27 Mei 2020, hingga 12 Juni 2020, tidak kunjung ada tanggapan. Pihak OVO selalu mengatakan “Tunggu”, tapi menunggu hingga kapan?. Mereka bahkan tidak memberikan batas waktu menunggu nya. Bisa saja kasus ini sampai tahun depan, jika harus menunggu tanpa ada kejelasan. Atau mungkin, malah tidak akan diselesaikan !?.

Kalau di perusahaan kami, untuk masalah yang tergolong ditemui oleh kebanyakan orang semacam ini, akan kami selesaikan dalam kurun waktu 1 hari saja. Sedangkan di perusahaan OVO, yang merupakan perusahaan besar dengan modal miliyaran rupiah, pelayanan untuk mengatasi masalah reguler semacam ini tidak bisa diselesaikan !?.

Kami mengatakan “Tidak bisa diselesaikan”, dan mungkin saja dana kami hangus (entah akan lari kemana dana tersebut), karena hingga sampai saat ini (12/6) masalah ini masih berstatus “Open”.

Dari contoh diatas, bisa dibandingkan dengan sangat jelas, bahwa Pelayanan di STAR SHARE tidak akan kalah dengan salah satu layanan dari perusahaan besar seperti OVO.

 

Pelayanan Shopee

Dari pengalaman kami, pelayanan Customer Care Shopee yang paling lucu. Hal yang kami tanyakan apa, dan dijawab apa !?… Benar- benar tidak nyambung, antara pertanyaan dengan jawaban nya.

Di perusahaan kami, tidak pernah terjadi miss komunikasi semacam ini. Kami selalu sigap memberikan jawaban yang tepat, dan mendetail kepada pelanggan.

Apa kerugian terbesar nya?

Kerugian terbesar bila Anda menemui pelayanan yang buruk dari perusahaan besar semacam itu adalah, bilamana Anda memiliki transaksi tinggi. Dalam contoh diatas, bila saldo OVO yang terkunci adalah ratusan juta, dan OVO dijadikan jalur pembayaran utama untuk bisnis Anda, pasti bisnis Anda akan ikut kacau.

Bila Anda memiliki merchant di Shopee yang memiliki transaksi besar, dan pihak Shopee malah tidak bisa menanggapi dengan baik, pasti akan ada banyak transaksi di Merchant Anda yang menjadi kacau (e.g. rating menurun karena seller tidak menanggapi, karena tidak bisa masuk ke dalam aplikasi, dll).

Jalur birokrasi mereka mungkin berbelit- belit. Anda juga tidak bisa menjangkau mereka langsung?. Contoh nya, Anda tidak bisa datang ke kantor Shopee untuk menyelesaikan masalah ini. Karena Help Desk mereka hanya secara online saja.

 

Kelemahan dan Kelebihan Sistem dan Pelayanan Perusahaan Besar

Tentu kami tidak akan langsung mengatakan bahwa STAR SHARE, dan semua layanan nya jauh lebih baik daripada kebanyakan perusahaan IT berskala besar lain nya. Kami tidak menyangkal, bahwa perusahaan IT besar memiliki fitur yang lebih banyak daripada perusahaan kami. Sebagai contoh, di Tokopedia, terdapat fitur investasi, pembayaran listrik, dll. Tapi, dari segi sistem dan pelayanan, mereka sangat lemah.

Untuk dapat bersaing dengan perusahaan besar karena kami tidak memiliki fitur banyak, kami lebih mengedepankan pelayanan yang maksimal dan sistem yang solid. Karena itulah, kami jauh unggul dari sisi sistem dan pelayanan.

Kami merekrut SDM dengan sangat hati- hati. Kami melakukan testing lebih banyak daripada perusahaan besar lakukan. Kami pangkas birokrasi dan administrasi dengan lebih ramping, dll.

 

Kami Optimis- Pelayanan STAR SHARE jauh lebih baik

Diatas adalah dua pengalaman yang benar- benar kami temui ketika berhubungan dengan pelayanan perusahaan besar skala internasional sekalipun. Tentu Human dan Sistem Error semacam itu masih banyak lagi, dan tidak bisa kami tuliskan semuanya disini.

Ketika mendapati pengalaman diatas, kami langsung berfikir bahwa pelayanan kami jauh lebih unggul daripada pelayanan yang diberikan oleh perusahaan besar sekalipun. Dari kejadian diatas, kami bahkan menjadi lebih optimis untuk bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik, dan mampu bersaing dengan perusahaan besar sekalipun.

Mereka mungkin lebih terkenal. Mereka mungkin memiliki lebih banyak fitur. Tapi, sesuatu yang populer belum tentu memiliki kualitas yang baik.

Subscribe
Notify of

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments