Pendaftaran Perusahaan ke OJK

Pendaftaran Perusahaan ke OJK

Langkah- langkah yang saya lakukan saat sudah menerima tugas untuk melakukan pendaftaran perusahaan ke OJK:

  • Mengerti apa itu OJK dan mencari tahu apa saja yang diperlukan untuk pendaftaran ke OJK.
    • Saya sudah mencari tahu tentang OJK dan dokumen- dokumen apa saja yang dibutuhkan, sehingga saya bisa rangkum bahwa untuk mendaftarkan sebuah perusahaan equity crowdfunding ke OJK, hanya perlu untuk mengisi Formulir Permohonan Perizinan Penyelenggara, dan Checklist Permohonan Izin Usaha Penyelenggara. Checklist Permohonan Izin Usaha Penyelenggara diberikan oleh OJK untuk membantu penyelenggara mengisi formulir yang diberikan.
  • Setelah mengetahui apa saja yang diperlukan, kontak OJK untuk memastikannya dan juga untuk menanyakan hal- hal yang masih diragukan ataupun yang tidak diketahui. Hal- hal yang harus dicari tahu, seperti Pengujian Sandbox dan ketentuannya agar bisa lolos, nama perusahaan yang seharusnya digunakan saat melakukan pendaftaran, dsb.
    • Pengalaman mengontak OJK:
        1. Mencoba menelepon OJK
          • Awalnya saya mencoba menelepon OJK menggunakan nomor 157, tetapi ketika sudah diangkat dan sedang bertanya, teleponnya selalu terputus. Karena itu saya juga mencoba untuk menelepon OJK melalui telepon kantor cabangnya yang di DKI Jakarta. Kejadian yang sama terulang dan telepon juga terputus, selain itu ada juga kalanya operator lagi sibuk sehingga saya mencoba lagi dalam 30 menit, dan saat operator sudah mengangkatnya dan menghubungkan saya dengan pihak yang bisa menjawab pertanyaan saya, teleponnya tidak diangkat sama sekali oleh pihak tersebut.
          • Tetapi saya tetap mencobanya sehingga akhirnya diangkat, tidak terputus, dan bisa berhasil bertanya jawab dengan operatornya. Buktinya ada di Soundcloud Star Share:

        2. Mengirim email ke OJK
          • Karena menelepon OJK sangatlah sulit, saya juga mencoba mengirim email, dan walaupun butuh beberapa hari untuk meneriman balasan, tetapi tetap dibalas: 
    • Penjelasan yang didapatkan tentang issue- issue yang saya miliki:
      1. Untuk pendaftaran sebuah perusahaan equity crowdfunding ke OJK, ada satu formulir yang harus diisi dan satu checklist yang dipakai untuk membantu mengisi kedua formulir tersebut:
      2. Modal paling sedikit untuk sebuah perusahaan equity crowdfunding agar bisa mendaftarkan diri ke OJK adalah 2.5 miliar
      3. Perusahaan dengan beberapa KBLI tidak masalah. Saat daftar, pilih satu KBLI yang paling cocok dengan pendaftarannya dan gunakan itu saja untuk mendaftar, tidak perlu mendaftar berkali- kali jika memiliki beberapa KBLI
      4. Saat pendaftaran, daftar pakai nama brand yang ingin didaftar, dan bukan nama PT nya
      5. Sandbox hanya bisa diikuti oleh perusahaan yang sudah terdaftar di OJK selama satu tahun atau lebih
  • Setelah memastikan hal- hal yang diragukan dan mengerti cara mendaftarkan perusahaan ke OJK, buatlah sebuah video panduan untuk menjelaskan tentang cara pendaftarannya, yaitu video panduan untuk mengisi Formulir Permohonan Perizinan Penyelenggara dan Checklist Permohonan Izin Usaha Penyelenggara:
      1. Bagian 1: https://youtu.be/qRCaxGujizc
      2. Bagian 2: https://youtu.be/XIopqYjaMtA
  • Terakhir, melakukan pendaftaran, tetapi tidak sampai pada tahap submit.
    • Saya sudah mengisi formulir yang diberikan sebisa mungkin dan juga sudah mengumpulkan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran, dan akhirnya masih ada beberapa dokumen yang belum dilampirkan. Semua yang sudah saya kerjakan ada di dalam link google drive: https://drive.google.com/drive/folders/1HOSbgRczx_4RKaPxIVVbjCJr7BYOGBEQ?usp=sharing, dan untuk informasi selengkapnya atas apa yang sudah saya lakukan dan apa yang belum bisa dibaca sendiri di dalam file Catatan.docx yang ada di dalam google drive tersebut.

System Administrator

Penulis konten di situs utama STAR SHARE, yang meliputi: Konten Blog, Blacklist, Milestone, Update, dll.
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments