Overview Ketentuan, Aturan, Budaya Kerja dan Kebijakan Privasi

Overview Ketentuan, Aturan, Budaya Kerja dan Kebijakan Privasi

Halaman ini adalah rangkuman tentang poin- poin penting terkait dengan KetentuanAturanBudaya KerjaKebijakan Privasi yang ada di PT. Berbagi Bintang Teknologi. Halaman ini bukan halaman resmi dan bukan pula halaman pengganti. Konten selengkapnya yang tertulis di websites utama: STARSHARE.CO.ID, tetap berlaku.

Setiap anggota pada dasar nya tetap harus membaca semua konten halaman ketentuan dan halaman terkait lain nya. Meskipun isi nya cukup banyak, tetap mereka harus membaca nya. Namun, pada kenyataan nya, tidak sedikit orang yang tidak membaca nya.

Tujuan adanya halaman ini adalah untuk memberikan pengetahuan bagi Anggota baru mengenai hal penting yang kebanyakan akan ditemui ketika melakukan aktivitas kerja nanti nya. Sehingga, anggota pun akan nyaman melakukan pekerjaan nya karena mereka telah mempersiapkan diri untuk menghadapi nya.

  • Anggota tidak boleh mengundurkan diri sebelum 1 tahun bekerja. Bila Anda punya rencana lain diluar dari bekerja di perusahaan ini dalam jangka waktu tersebut, lebih baik, jangan ambil pekerjaan ini.
    • Output dan benefit dari karyawan hanya bisa didapatkan perusahaan setelah orang tersebut bekerja selama 1 tahun. Sebelum satu tahun, banyak error (kesalahan) dan kerugian yang biasanya disebabkan oleh karyawan ketika bekerja.
    • Jika karyawan mengundurkan diri sebelum 1 tahun, maka perusahaan hanya akan mendapatkan kerugian saja (sampah nya saja) karena error yang disebabkan oleh karyawan dan hasil kerja pun tidak maksimal.
  • Menghilang tanpa kabar akan diasumsikan sebagai Maling. Menghilang tanpa kabar yang dimaksud adalah mengundurkan diri tanpa pemberitahuan resmi dan tanpa mengikuti prosedur.
    • Karena anggota pertama kali masuk adalah melalui pintu depan dan memperkenalkan diri. Ketika keluar pun, harus nya pamit seperti ketika pertama kali masuk.
    • Pamit dengan hanya mengirimkan pesan melalui chat atau email, tanpa pemberitahuan resmi dan tanpa mengikuti prosedur, juga sama seperti Maling.
    • Kami menganggap sebagai Maling dikarenakan mungkin ada data atau barang yang dibawa dia dari perusahaan. Tidak melakukan pemberitahuan resmi dan tanpa mengikuti prosedur adalah tindakan menghindari pengecekan. Jika memang tidak ada sesuatu yang diambil, lantas mengapa menghindar !?.
  • Panggilah atasan Anda dengan sebutan Pak/ Bu. Bukan mas, mbak, gan, bosQue, Bos Besar, Bos Cantix dan sebutan allay lain nya.
  • Tidak ada kata terlambat masuk atau ijin tidak masuk kerja karena ada urusan pribadi/ keluarga. Khusus nya bagi fresh graduate (lulusan baru), jangan menganggap bekerja seperti sekolah/ kuliah, dimana bila telat, tetap diperbolehkan masuk. Kalian kuliah/ sekolah itu BAYAR. Kalau di perusahaan, kalian DIBAYAR.
  • Di bulan pertama melakukan aktivitas kerja, semua akan serba ketat !. Anda tidak boleh Mangkir, absensi harus full masuk kerja, bila sakit harus ada ijin dari dokter, tidak boleh terlambat, bila terdapat kesalahan dalam bekerja akan mendapat teguran keras, dll. Apakah Anda gemetar atau mengkerutkan dahi?. Jika “iya”, Anda mungkin belum pernah bekerja sebelum nya (fresh graduate) atau tidak suka bekerja keras !?. Jika itu yang terjadi, mungkin lebih baik urungkan niat untuk menerima pekerjaan ini dan pergilah memancing ikan.
  • Jangan biasakan pulang tepat di jam pulang. Anggota seperti itu tidak memiliki loyalitas sama sekali untuk perusahaan yang membayar nya.
  • Bila melakukan kesalahan, kelalaian atau pelanggaran, anggota diharuskan untuk menulis surat pernyataan untuk lebih teliti lagi atau tidak mengulangi kesalahan nya lagi.
  • Ada aktivitas kerja bakti dan bersih- bersih kantor yang harus dilakukan anggota.
  • Hari pertama masuk hingga bulan pertama, fokus terhadap aktivitas kerja dan pekerjaan saja. Tidak perlu menanyakan hal tentang perusahaan atau hal pribadi seseorang, dan hal yang tidak penting lain nya, seperti: Sudah punya anak berapa?. Sudah menikah atau belum?. Berapa luas tanah kantor ini?, dsb.
    • Perihal tentang perusahaan, informasi itu bisa Anda dapatkan semua nya di websites utama perusahaan tersebut. Hal yang sudah dituliskan tidak perlu ditanyakan. Jika masih ditanyakan, mungkin saja Anda orang yang malas membaca.
    • Contoh pertanyaan seperti: Perusahaan ini bergerak di bidang apa?. Adalah sebuah pertanyaan yang jawaban nya sudah ada di websites utama perusahaan. Kenapa tidak dibaca saja daripada ditanyakan !?.
    • Anda bisa menanyakan banyak hal ketika sudah bekerja selama minimal 1 bulan. Sebelum waktu tersebut tercapai, perusahaan masih menganggap Anda sebagai orang asing. Informasi yang diberikan kepada orang asing bersifat terbatas.
  • Sigap lah dalam menerima instruksi atau tugas. Jangan KLELAT- KLELET, KLEMAT- KLEMET, atau ZONK (sering tidak nyambung).
  • Kritis dalam menjawab pertanyaan. Jika ditanya “Berapa jumlah kue donat yang sudah dibuat?”, maka jangan dijawab “Tadi saya sudah membuat kue donat yang diatas nya ada coklat nya”. Yang ditanyakan adalah jumlah nya, bukan donat terakhir yang Anda buat.
  • Prosedur kerja yang Anda lakukan adalah sepenuhnya tanggung jawab perusahaan kepada hukum yang berlaku di Indonesia. Tidak ada hubungan nya antara hukum dengan Anda. Karena Anda menjalankan perintah dari perusahaan. Namun, semua aktivitas kerja tetap tidak akan keluar dari batasan.
    • Tahukah Anda, mengambil gambar di Internet adalah tindakan melanggar hukum?. Tetapi, hampir semua pengguna aktif internet pernah melakukan nya. Ketika menjalankan aktivitas kerja nanti, mungkin saja ada instruksi semacam ini “Ambil saja gambar nya dari Google”. Lalu, apakah ini berarti Anda melanggar hukum?. Tentu saja tidak. Karena Anda menjalankan perintah perusahaan. Dan pihak yang bertanggung jawab sepenuhnya adalah perusahaan.
    • Tahukah Anda, tidak memakai helm saat menaiki kendaraan roda dua adalah tindakan melanggar hukum. Tetapi, Anda mungkin pernah melakukan nya.
    • Seperti yang telah disebutkan, semua aktivitas kerja tetap tidak akan keluar dari batasan. Jika memang semua aturan hukum diterapkan, hampir semua orang pasti akan tersandung kasus hukum.
    • Pihak perusahaan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap prosedur kerja yang dilakukan oleh karyawan nya.
  • Korupsi, pencurian, pelecehan seksual, menghilang tanpa kabar, pengkhianatan, pengrusakan, dan semua tindakan destruktif dengan tingkatan yang tinggi akan dibawa ke ranah hukum atau dibalas dengan Street Justice. Entah itu satu bulan kemudian, enam bulan kemudian, satu tahun kemudian, atau beberapa tahun kemudian.
    • Anda pasti akan melaporkan ke pihak berwajib, bila Anda di rampok seseorang, ya kan!?.
    • Anda juga pasti akan jengkel bila ada seseorang yang ingin COD dengan barang yang Anda jual, lalu melakukan penawaran dengan sangat sengit, setelah deal lalu mengajak ketemuan di lokasi yang jauh, lalu Anda tunggu sangat lama tapi dia tidak kunjung datang, kemudian dia bilang “Wah, sory gan, gw ada perlu jadi gak bisa datang”.
    • Setiap orang pasti ingin mendapat keadilan. Jika tidak ingin disakiti, maka jangan menyakiti.
Subscribe
Notify of

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments