Lowongan CO-Founder Perusahaan Startup | 001 | CLOSE

Lowongan CO-Founder Perusahaan Startup | 001 | CLOSE

Pasti akan menjadi kepuasan batin tersendiri apabila Anda menjadi salah satu pendiri sebuah perusahaan. Khusus nya bagi Anda yang sebelum nya memiliki keinginan untuk melakukan nya. Ada banyak hal yang bisa di dapatkan ketika menjadi CO-Founder, selain return materi (uang) yang bisa di dapatkan nanti apabila perusahaan telah berhasil berdiri. Hidup tidak hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari, kemudian berkeluarga, memiliki anak, dan akhir nya berakhir menjadi orang tua yang membosankan. Tidak !, hidup tidak boleh seperti itu. Kita seharusnya mengisi nya dengan tujuan- tujuan hidup yang kita tentukan sendiri, kemudian mengejar nya dengan semangat dan bergembira. Jika Anda memiliki tujuan hidup untuk mendirikan perusahaan, maka Anda lah yang kami butuhkan selama ini.

 

Kendala dalam mendirikan Perusahaan dan Solusi nya

Mendirikan perusahaan bukan perkara mudah. Bahkan sulit dilakukan. Karena kesulitan itu lah, hanya beberapa gelintir orang yang memiliki nyali untuk melakukan nya. Kerja keras saja tidak akan mampu mengatasi kendala- kendala yang akan muncul. Ada banyak faktor penentu keberhasilan sebuah startup, yang menjadi alasan utama, mengapa Anda tidak bisa mendirikan perusahaan seorang diri, dan perlu kolaborasi dengan anggota kami dan tim yang lain nya -dan juga menjadi alasan utama kami dalam mencari CO-Founder seperti Anda. Klik tautan nya untuk mendapatkan penjelasan detail.

Benefit

Apa yang kami lakukan dan berikan

Sudah kami jelaskan sebelum nya, kalau kita membutuhkan rekan atau orang lain dalam mendirikan dan mengoperasikan perusahaan startup ini. Berikut ini adalah hal yang kami lakukan dan yang kami berikan, yang dapat menjadi peluang untuk memperbesar keberhasilan pendirian perusahaan kita ini.

Kami ingin mengundang Anda untuk bersama- sama mendirikan perusahaan rintisan, yang kami yakini, startup ini bisa menjadi perusahaan besar skala nasional dalam beberapa tahun mendatang. Diperlukan seseorang dengan visi dan misi yang sama untuk dapat memegang peranan di perusahaan startup. Mencari Tim Inti (Key Person) dari situs penyedia lowongan kerja tidak akan membuahkan hasil yang bagus. Merekrut fresh graduate yang sama sekali tidak memiliki pengalaman -meskipun memiliki talenta yang tinggi- akan membawa bencana di dalam startup yang dijalankan.

 

 


Tentang Kami

Kami ingin memberikan gambaran kepada Anda tentang keadaan yang saat ini kami alami. Baik itu dari sisi kekuatan- kelemahan, kelebihan- kekurangan, dan hal penting lain nya yang kami rasa perlu diketahui. Harapan nya, dengan hal ini, Anda bisa mempertimbangkan dengan matang- matang terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk bergabung. Mempertimbangkan dari sisi background pengetahuan dan skill, aktivitas saat ini, dan kemantapan hati Anda untuk menghadapi masalah- masalah yang pastinya akan terjadi di dalam startup yang nantinya akan dibangun. Kami harap Anda menggunakan informasi yang tertulis disini secara maksimal.

Kondisi Terkini

Nama organisasi saat ini adalah STAR SHARE. Anda bisa melihat rincian tentang organisasi pada halaman ini: About Us. STAR SHARE adalah sebuah nama organisasi saja. Tidak memproduksi atau menjual layanan apapun. Ini adalah wadah sistem manajemen. Organisasi saat ini terdiri dari 3 Tim inti, yaitu: Willy Yusuf Rahmadi, Dhanur Indro Hapsoro dan Kwee Andreas Setiawan. Kami menuliskan beragam track record atas semua langkah yang kami lakukan, di halaman ini: Milestone.

Sebelum nya, kami memiliki cukup banyak tenaga kerja Freelance (sekitar 20 orang). Namun, rencana nya, di akhir bulan Desember 2017 ini, kami memutuskan untuk lebih memfokuskan diri pada manajemen tenaga kerja waktu penuh dan tenaga kerja berpengalaman. Pendirian startup sangat terbantu dengan adanya tenaga kerja Freelance yang kami rekrut dengan hati- hati. Namun, seiring dengan berkembangnya misi perusahaan, dimana tujuan sebelum nya adalah mendirikan startup yang sukses -dan itu telah kami lakukan, sedangkan misi sekarang (tujuan jangka pendek) adalah mendapatkan pendanaan dari VC, yang mengharuskan organisasi di isi dengan orang- orang tangguh sebagai tim inti nya. Maka dengan adanya hal tersebut, kami dengan terpaksa harus mengganti tenaga kerja freelance dengan profesional yang expert.

Startup yang dijalankan

Saat ini, kami memiliki 5 buah startup yang sedang dijalankan. Sebagian ada yang sudah berjalan dan menghasilkan keuntungan, sebagian lagi masih dalam tahap pembangunan. Berikut adalah daftar startup yang kami kerjakan. Klik pada tautan untuk detail.

  1. Digime Bay
  2. APRUON
  3. Foxy Tracker
  4. STASASHI
  5. NoTail Studio

Sistem Kerja

Dengan kehadiran CO-Founder dan tim inti lain, sistem kerja utama di organisasi kami perlu untuk diubah. Tim Inti tidak boleh melakukan aktivitas kerja operasional. Itu adalah kebijakan utama kami. Kegiatan kerja operasional harus dipegang oleh anggota tim operasional. Tim inti berfokus pada pengembangan startup yang dipegang nya. Adapun pengambilan keputusan ini berdasarkan atas pertimbangan berikut:

  • Jika aktivitas operasional dipegang oleh Tim Inti, maka tidak akan ada waktu untuk melakukan pengembangan dan kemajuan startup. Tim inti akan terpaku pada kondisi stagnan, yaitu kondisi operasional. Startup tidak akan mengalami kemajuan apabila tidak ada yang memegang pengembangan nya.
  • Tim Inti mungkin memiliki pekerjaan utama diluar dari kegiatan startup yang dipegang nya. Kegiatan ini mungkin membutuhkan waktu kerja normal, yaitu minimal 8 jam/ hari. Untuk melakukan manajemen waktu yang tepat, dan dikarenakan tim inti memiliki tugas utama untuk melakukan development, maka dengan sedikit sisa waktu yang ada, tim inti harus berfokus pada development saja.

Kebijakan kami berikut nya adalah; Kami mengijikan tim inti bekerja melalui Remote. Jadi, Tim Inti tidak perlu berpindah tempat tinggal ke Semarang, dan pengerjaan startup bisa dilakukan di rumah tempat tinggal mereka sekarang.

COO dan tim inti yang lain, bertugas melakukan pengembangan startup. Fokus mereka adalah pada development. Sedangkan aktivitas kerja operasional, nantinya perlu dipegang oleh tim yang lain -selain tim inti- yang dikerjakan di kantor utama. Tim yang lain (sebutan nya; Tim Opersional) akan digaji selayak nya karyawan biasa.

 

 


Planing

Rancangan rencana kedepan dan target yang kami tentukan, bisa Anda lihat di section dibawah ini.

Visi dan Misi

VISI kami adalah mendirikan perusahaan IT skala nasional sebelum Juni 2018. Setiap startup yang kita kerjakan diatas, harus menjadi perusahaan skala nasional sebelum 2018. Entah bagaimana caranya, startup tersebut harus menjadi perusahaan besar skala nasional sebelum Juni 2018.

Anda tidak salah membaca karena kami secara sengaja menuliskan nya secara berulang- ulang. Ini disebut sebagai Repetition of Information. Ketika Anda membaca visi diatas, mungkin ada suatu perasaan (Feelings) bahwasanya; “Ah, visi nya gila. Gak akan mungkin bisa terealisasi”. atau mungkin “Angan- angan nya terlalu tinggi. Nanti terjatuh sangat sakit”, dsb. Permasalahan dari Anda tidak yakin ada dua faktor yang menyebabkan nya; [1]. Anda tidak tahu jalan untuk mencapai nya, [2]. Anda percaya kalau kita tidak bisa melakukan nya. Kami memiliki solusi atas dua masalah diatas. Namun, hal itu tidak akan dibahas disini. Kami akan mengajari Anda untuk mengeliminasi perasaan negatif tersebut, setelah Anda bergabung. Namun, satu hal yang bagus adalah quotes dari pak karno berikut;

Bercita- citalah setinggi langit. Karena, jika Anda jatuh, Anda akan terjatuh diantara bintang- bintang.

Hal yang sama juga berlaku disini. Kita bercita- cita mendirikan perusahaan besar skala nasional. Namun, ternyata, kenyataan nya, kita gagal melakukan nya. Akhirnya, karena kita gagal, kita hanya bisa mendirikan perusahaan PT saja. Tidak terdengar terlalu buruk, ya kan (berhasil mendirikan PT) !?. Perihal tentang VISI dan MISI secara lebih lengkap nya, bisa Anda lihat pada masing- masing startup yang dikelola.

Tujuan Jangka Pendek

Mendapatkan Pendanaan Seri “A” dari perusahaan Modal Ventura (VC) di bulan Januari 2018.

Pendanaan Seri A merupakan tahap ketika produk yang dimiliki dari startup tersebut telah mencapai tahap Beta dan siap mendapat pengguna dengan jumlah tertentu. Setelah mendapatkan basis pengguna dan berjalan dengan mendapatkan pasar, maka ini adalah waktu bagi sang founder untuk mulai melakukan scaling produk mereka ke wilayah lain yang memiliki ciri khas yang sama. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah mencari tahu model bisnis yang tepat.

Jumlah dana yang diberikan pada Seri A cukup beragam, tapi rata-rata di Indonesia berkisar mulai dari Rp10 miliar hingga Rp33 miliar. Nominal yang didapat pada pendanaan tahap ini bisa jadi lebih besar, tergantung dari seberapa besar potensi dan kemampuan yang dimiliki startup tersebut. Penyuplai Seri A biasanya berasal dari beberapa investor sekaligus yang memiliki keahlian dan jaringan yang luas. Sumber: ID TechInAsia

Kita telah memiliki Prototype. Kita juga sudah menyiapkan sistem kerja nya. Kita juga sudah membuat produk nya. Kita tinggal kirimkan aplikasi startup kita ke perusahaan modal ventura (VC) untuk mendapatkan pendanaan.

Namun, ada sesuatu yang kurang di tempat kita saat ini. Dengan keadaan saat ini, meskipun kita mengirimkan aplikasi startup ke para VC, kebanyakan dari mereka akan menolak aplikasi kita. Ada sesuatu yang perlu kita benahi dan persiapkan sebelum maju ke depan VC, yaitu sistem kerja yang harus tertata dengan rapi dan tim inti yang solid (memiliki pengalaman dan ahli). Di waktu ini [Des 17] kami mencoba untuk menyelesaikan dua masalah krusial tersebut.

Rencana Jangka Pendek

COO memiliki tugas untuk memanajemen pembangunan dan operasional startup dengan tanggung jawab penuh, dan ikut serta membantu CEO dalam memajukan startup yang dikelola nya. Disisi lain, IMM bertugas untuk mempromosikan produk/ layanan dari semua startup yang telah dibangun. Karena kami telah memasang fondasi dasar dari setiap startup yang dibangun, agar dapat di integerasikan dengan hanya menggunakan satu teknik marketing yang sama -yang di jalankan oleh IMM. Optimalisasi startup akan dilakukan dengan penambahan aplikasi mobile, yang akan dipegang oleh bagian MAD. Head COO bertugas untuk membantu CEO dalam menata semua hal.

Namun, untuk menjalankan departemen Marketing dengan standar teknik yang saat ini dimiliki, kami memerlukan banyak tenaga kerja. Di sisi lain, dengan prediksi jumlah SDM yang dibutuhkan, budget kami bisa terkuras sangat banyak. Untuk menjawab tantangan ini, kita harus menggunakan sebuah cara inovatif. Kami akan merekrut tenaga kerja Magang dalam jumlah banyak (perekrutan masal). Kita tidak lagi khawatir dengan pengeluaran, karena biaya untuk tenaga kerja magang ini tidak akan terlalu besar.

COO akan mengatur stabilitas dalam startup yang dipegang nya. Sementara itu, IMM bergerak untuk mempromosikan produk/ layanan semua startup. Baik itu COO maupun IMM, memiliki tugas utama yang tidak boleh diganggu gugat; yaitu membuat SOP. Ketika di bulan januari 2018 nanti, diharapkan semua startup sudah bisa beroperasi, menghasilkan pemasukan, dan telah memiliki tim inti dan sistem kerja yang solid. Dengan semua hal tersebut terlaksana, maka kita bisa mengajukan aplikasi pendanaan kepada VC dengan peluang keberhasilan yang lebih besar.

 

 


Lowongan

Penjelasan atas kebutuhan kami dalam organisasi ini, agar tujuan jangka pendek -yang telah dijelaskan diatas- bisa terlaksana.

Kebutuhan Lowongan

Dari ke-5 startup tersebut, kami membutuhkan tim inti sebagai berikut. Klik pada text nya untuk menuju ke detail halaman lowongan. Untuk kolom yang berwarna merah, berarti posisi nya telah terisi.

COO 1 COO 2 COO 3 COO 4 HEAD COO
Head IMM 1 IMM 2 Head MAD 1 MAD 2 Administrator Utama

KETERANGAN

  • COO: Cief Operational Officer atau Manager Utama.
  • Head COO: Kepala COO
  • IMM: Internet Marketing Manager
  • MAD: Mobile Application Developer

Syarat dan Ketentuan

Persyaratan:

  • Berusia Minimal 23 tahun.
  • Memiliki pengalaman basic di bidang yang ingin dimasuki nya, minimal 2 tahun.
  • Memiliki pengalaman kerja apapun minimal 1 tahun.

Ketentuan:

  • Tidak boleh mengundurkan diri, kecuali startup nya gagal di dibangun. Kami berinvestasi ke SDM. Kami berinvestasi ke diri Anda. Kemampuan Anda yang dikembangkan dengan tim inti yang lain adalah ekuitas organisasi.
  • Dilarang berbicara kasar, menyudutkan, sarkasme, menantang, anggota tim inti yang lain. Kita harus menjunjung tinggi profesionalitas, untuk memperbesar peluang keberhasilan visi dan misi organisasi.
  • Jika terdapat replacement tim inti, akan diajukan ke dalam konferensi. CEO tidak bisa memecat begitu saja tim inti, atau Leader tim inti tidak bisa memecat begitu saja divisi tim inti, tanpa adanya persetujuan dari tim inti yang lain, dengan jumlah suara yang telah ditentukan.
  • Apabila ada kendala yang muncul yang tidak dapat terselesaikan, akan diambil jalan alternatif nya.
  • Berjanji untuk tidak mempublikasikan informasi organisasi ataupun pengetahuan yang telah didapatkan di dalam organisasi STAR SHARE. Penggunaan oleh diri sendiri diperbolehkan.

Deskripsi Kerja

Kami melarang Tim Inti untuk melakukan aktivitas operasional yang monoton. Tim inti harus berfokus dengan pengembangan fitur dan produk. Biar nanti apabila terjadi aktivitas operasional, dipegang oleh tenaga kerja yang ada di kantor utama.

Detail deskripsi kerja, bisa dilihat di setiap link lowongan di bagian atas. Klik salah satu posisi yang ingin di pilih, kemudian Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi detail yang lebih lengkap. Lihat bagian “Deskripsi Kerja”, kemudian buka link nya.

Pekerjaan bagi Tim inti yang berada di luar kota Semarang, bisa dilakukan secara remote. Jadi, tidak perlu datang ke kantor.

Gaji

Kami mencari seorang co-founder, bukan karyawan. Karyawan digaji tiap bulan dan melakukan aktivitas kerja operasional. Anda akan digaji berdasarkan pembagian hasil dan saham setelah startup beroperasi dan mendapat pemasukan. Perihal tentang jumlah PPH (persentase pembagian hasil) yang akan Anda dapatkan, tergantung dari jenis bagian yang ingin Anda masuki. Klik salah satu link lowongan yang ingin Anda masuki, kemudian lihat di bagian pembagian hasil. Rangkuman selengkap nya tentang  PPH ini, bisa dilihat disini: PPH Semua Pihak STAR SHARE

CATATAN PENTING:

  • Kami meyakini, Anda yang mendaftar sebagai Co-Founder, pasti adalah orang yang inisiatif. Suka menyibukan diri dan kemungkinan besar telah memiliki pekerjaan tetap dan sumber penghasilan sendiri. Modal awal startup kami, jika dibagi sebagai gaji ke para Founder, nilai nya tidak seberapa. Karena alasan itu juga, memutuskan untuk memberikan pembagian hasil.
  • Co-Founder akan berfokus pada development, dan bukan aktivitas kerja monoton. Kami mengerti kondisi Anda saat ini, yang bahkan memiliki pekerjaan tersendiri yang Anda lakukan di tempat tinggal Anda yang sekarang.

 

 


Cara Pendaftaran

Cara pendaftaran dibagi menjadi dua bagian. Pendaftaran awal dan lanjutan. Di tahap pendaftaran awal ini, proses nya sangat mudah. Anda hanya perlu membuat Vlog, dengan format konten yang telah kami tentukan. Sedangkan pendaftaran tahap ke-2 adalah tahap validasi informasi co-founder dan perjanjian kerja.

Pendaftaran Awal

Kandidat domisili luar Semarang

Vlog -dalam pengertian kami- adalah video yang menampilkan diri Anda dan wajah Anda, yang dibuat di depan kamera (baik itu kamera PC maupun HP), kemudian Anda berbicara tentang sesuatu. Contoh sederhana dari Vlog bisa dilihat disini: Contoh Vlog 1, Contoh Vlog 2. Kami akan menilai keseriusan, kegigihan, skill basic, kepercayaan diri, dll, dari Vlog yang Anda buat. Kami tidak mau menerima CV Anda. CV bisa di buat dengan bagus, namun tidak terlalu mewakili kepribadian Anda. Untuk membuat Vlog, cukup menyalakan kamera laptop, kemudian katakan sesuatu langsung. Simpan video rekaman nya, dan upload di YouTube. Hal ini paling membutuhkan waktu 10 menit. Adapun konten dalam Vlog tersebut harus mencantumkan informasi sbb:

  1. Nama Lengkap: Sebutkan nama lengkap Anda sesuai dengan KTP.
  2. Tempat dan tanggal lahir: Sebutkan tempat dan tanggal lahir Anda.
  3. Lokasi tempat tinggal sekarang: Jakarta, Bandung, Semarang, dsb.
  4. Aktivitas yang Anda lakukan saat ini: Bekerja, freelance, tidak ada aktivitas penting yang dilakukan, dll. Jelaskan secarea spesifik.
  5. Pendidikan terakhir: SLTA, D1, D3, S1, S2, dll.
  6. Pengalaman bekerja: Sebutkan dan jelaskan semua pengalaman kerja yang sebelum nya pernah Anda lakukan. Meskipun pengalaman kerja yang Anda miliki tidak ada kaitan nya dengan IT, silahkan disebutkan juga.
  7. Pengalaman dalam bidang yang ingin dimasuki: Jika Anda memasuki bidang COO yang mengharuskan basic kemampuan Programmer, jelaskan tentang berapa lama pengalaman di bidang programmer tersebut, dan penjelasan skill spesifik apa saja yang Anda miliki.
  8. Bagian yang ingin dimasuki: IMM 1, IMM 2, COO 1, COO 2, Head COO, dsb.
  9. Alasan tertarik untuk mendirikan perusahaan: Apa latar belakang dan hal yang menjadi faktor alasan utama Anda sangat ingin mendirikan perusahaan startup.
  10. Mengapa kami harus memilih Anda: Promosikan diri Anda, agar kami yakin Anda adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi ini.
  11. Jelaskan kelebihan yang Anda miliki: Promosikan skill Anda, agar kami yakin Anda adalah orang yang memiliki kemampuan yang tepat untuk memegang pekerjaan dan tanggung jawab yang akan diberikan.
  12. Pendapat Anda tentang menjadi CO-Founder tidak boleh mundur: Tim inti dan semua anggota di organisasi STAR SHARE ini bisa marah kepada Anda, apabila Anda tiba- tiba mundur, karena menghadapi suatu kesulitan dalam startup. Tim inti tidak boleh mundur. Jika ada masalah, harus dicari solusi nya. Jika solusi utama tidak dapat ditemukan, ambil solusi alternatif nya. Jelaskan pendapat Anda tentang aturan ini.
  13. Pendapat Anda tentang pembagian hasil dan bukan nya gaji: Kami tidak menggaji Anda, karena kami mencari Founder (bukan karyawan). Apakah Anda menerima ketentuan ini?. Jelaskan alasan nya.
  14. Keyakinan keberhasilan: Seberapa besar keyakinan Anda dalam meraih keberhasilan dalam mendirikan perusahaan ini. Jelaskan, mengapa Anda bisa begitu yakin dengan hal itu.

Setelah video selesai dibuat, upload video nya di YouTube, kemudian isi Formulir Registrasi dibawah ini. Kami akan menilai diri Anda dari Vlog yang Anda kirimkan tersebut. Adapun jika kami membutuhkan informasi lebih lanjut, bagian Administrator kami akan menghubungi Anda via telpon.

Kandidat domisili Semarang

Kandidat yang berdomisli di Semarang diwajibkan datang ke kantor kami, yang beralamat di Graha Fatro 3, Blok A NO 3D, Semarang- Jawa Tengah 50113 pada jam kerja berikut :

Hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 17.00 WIB

Hari Sabtu pukul 09.00 – 15.00 WIB

CATATAN:

  • Vlog yang dibuat harus menampilkan wajah Anda. Tidak boleh di edit atau dipotong. Buat apa adanya.
  • Tim inti dan administrator kami sebelum nya, mungkin akan menghubungi Anda melalui call telpon untuk memvalidasi informasi yang Anda berikan.
  • Tidak ada batasan kapan pendaftaran ini ditutup. Pendaftaran ditutup apabila kami telah mendapatkan tim inti yang tepat dan memiliki pemikiran seragam dengan tim inti lain yang sudah ada.

[supsystic-form id=18]

 

Pendaftaran Lanjutan

Apabila kami memutuskan untuk memilih Anda pada posisi yang Anda pilih, selanjutnya kami akan mengirimkan surat perjanjian bermaterai sebagai pengikat antara pihak kami dengan Anda (pengiriman gratis dan tidak ada biaya apapun). Ada dua rekap surat perjanjian yang akan kami kirimkan, dan Anda harus menandatangani kedua rekap surat perjanjian tersebut. Setelah itu, Anda harus mengirimkan surat perjanjian yang Rekap Kedua nya kepada kami.

Simpan nomor resi dan biaya pengiriman nya. Kami akan mengganti biaya kirim nya ketika surat perjanjian tersebut sampai ke kantor kami.

 

Tanya Jawab

Silahkan ajukan pertanyaan Anda pada tautan status di Facebook ini. Administrator bagian HR akan merespon Anda di jam kerja. Jika Anda kesulitan memberikan komentar, silahkan kunjungi LINK INI.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments