Lebih lanjut tentang Perusahaan STAR SHARE

Lebih lanjut tentang Perusahaan STAR SHARE

Halaman ini akan menjelaskan lebih dalam lagi tentang perusahaan PT. Berbagi Bintang Teknologi yang tidak dicantumkan di dalam About Us. Informasi di dalam dokumen ini bisa digunakan untuk mengetahui lebih banyak mengenai perusahaan. Biasanya digunakan oleh anggota internal yang baru masuk kerja.

Manajemen

Hampir 80% anggota tim (karyawan) STAR SHARE tersebar di beragam wilayah di indonesia dengan jenis aktivitas kerja yang bisa dilakukan di rumah. Konsep organisasi STAR SHARE adalah sebuah aktivitas jaringan. Karena kebanyakan layanan yang dijual adalah sebuah produk online, yang tidak membutuhkan kehadiran sumber daya manusia dan peralatan berat untuk memproses nya.

Karena itulah, menjadi wajar apabila pekerjaan ini dikerjakan oleh para anggota Tim di tempat yang berjauhan dari kantor utama, dan para anggota tim juga tersebar di beragam wilayah di seluruh indonesia. Karena mereka tidak perlu datang ke kantor untuk dapat menyelesaikan pekerjaan ini.

Kebanyakan aktivitas kerja dilakukan secara Remote. Oleh karena itu, jarang ditemui karyawan di kantor utama. Sistem hierarki perusahaan kami adalah Manajemen Independent. Seorang Manager Departemen mengelola Subordinat nya masing- masing.

Sebagai Contoh, Manager Fellas Production (salah satu anak usaha kami) mengelola tim nya sendiri di kantor nya yang ada di Jl. Beruang, Semarang. Jumlah tim/ karyawan yang dikelola oleh Manager Departemen tidak dicatut dan ditampilkan di web utama STAR SHARE.

Oleh karena itu, jumlah anggota STAR SHARE (termasuk: karyawan, contributor, CO Founder, dll) sangat bervariasi sekali. Aktivitas kerja mereka pun dilakukan di kantor anak usaha kami (bukan di kantor utama). Mereka hanya akan ke kantor utama bila dipanggil dan terdapat keadaan darurat.

Keadaan di Kantor Utama

Kantor utama lebih digunakan sebagai sarana Formal Office (alamat kantor resmi). Dengan adanya digitalisasi manajemen besar- besaran yang kami lakukan pada tahun 2018, tidak terlalu ada banyak sarana administrasi yang perlu di simpan. Sehingga semua serba tampak ringkas, dan tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

Kantor Utama sering nya hanya ditempati oleh Direktur, dan beberapa orang Manajer Departemen dari luar kota yang mampir atau ada keperluan di kantor utama dalam beberapa hari.

Direktur secara langsung dibantu oleh 1- 2 orang staff untuk menjalankan kegiatan riset dan development nya. Direktur tidak menjalankan kegiatan operasional. Staff bertugas sebagai perpanjangan tangan atas order yang diberikan oleh Direktur. Staff tidak bertugas mengambil keputusan yang bersifat Critical. Keputusan dan pemikiran atas suatu bagian Projects, diambil oleh Manajer Departemen.

Bila ada suatu projects waktu pendek yang di inisiasi (dikeluarkan) oleh Direktur, biasanya perusahaan membuka lowongan magang. Orang yang mendaftar magang ini nantinya bertugas membantu Direktur membereskan tugas- tugas kecil yang tersisa.

Koordinasi dan Komunikasi

Koordinasi aktivitas kerja dilakukan dengan menggunakan Platform Intranet dan LMS. Intranet yang dimiliki perusahaan bisa di akses disini: Internal User STAR SHARE. Sedangkan LMS bisa diakses disini: Edu Digime Bay. Semua karyawan dan tim inti biasanya menggunakan Intranet dan LMS untuk melakukan aktivitas kerja. Sedangkan Kontributor dan Magang biasanya menggunakan LMS saja.

Dikarenakan kebanyakan aktivitas kerja dilakukan secara remote, dimana setiap Manajer Departemen mungkin berada di tempat yang jauh dari lokasi perusahaan, maka komunikasi ke sebuah departemen harus melalui jalur komunikasi yang telah ditentukan.

Dengan kata lain, apabila Anda ingin menghubungi departemen HRD untuk menanyakan sesuatu, Anda harus menghubungi nya melalui jalur yang tersedia, yaitu (misalkan): Email. Anda tidak bisa mendapatkan informasi atau meminta bantuan kepada anggota/ staff yang ada di kantor untuk hal ini, karena departemen HRD tidak menjalankan aktivitas kerja di kantor (tapi bekerja di lokasi yang lain).

Struktur Organisasi

  • Anda bisa melihat struktur organisasi STAR SHARE di halaman About Us– (section) Struktur Organisasi.
  • Job description (yang meliputi tentang tugas, tanggung jawab, target, dll) setiap departemen, bisa dilihat di: Detail Departemen.
  • Penanggung jawab (Manajer) setiap departemen, bisa dilihat disini: Data Organisation- (BT) PIC.
  • Foto profil tim inti dan Manajer Departemen bisa dilihat disini: About Us– (section) Anggota Tim.
  • Kontak dan/ atau websites setiap departemen, bisa dilihat disini: Data Organisation- (BT) CONTACT

Hierarki

Eksekutor utama atas pengelolaan dan perencanaan bisnis di STAR SHARE adalah terletak di bagian BOD (Board of Director), dengan sebutan jabatan sebagai Direktur atau CEO atau CEO STAR SHARE. Direktur diawasi oleh dewan komisaris. Dibawah bagian BOD, terdapat Departemen

Setiap departemen dipimpin oleh seorang Manajer Departemen (kode posisi: MD). Departemen itu sendiri dibagi menjadi Departemen Primer dan Departemen Sekunder. Departemen Primer meliputi: Yorsha, Foxy Tracker, Fellas, dll. Departemen sekunder meliputi: Finance, General Management, dll.

Departemen Primer dibagi lagi menjadi Departement Primer Utama (dengan nama jabatan: Head COO) dan Departemen StartUp (dengan nama jabatan: COO). Manajer Departemen yang mengelola suatu anak usaha atau StartUp bisa disebut dengan CEO dari StartUp itu sendiri (Contoh: CEO Yorsha, CEO Foxy Tracker, dll).

Anggota

Anggota Tim benar- benar dipilih secara khusus, dimana mereka haruslah memiliki kemampuan mutlak seperti: Kedisiplinan mandiri, pemahaman yang kuat (memiliki IQ tinggi), dan bisa bekerja tanpa pengawasan lansung (jujur dan bertanggung jawab).

STAR SHARE tidak pernah merekrut anggota Tim yang bersifat BURUH. Seseorang yang bekerja jika mendapatkan perintah saja dan harus dipandu langkah demi langkah untuk bisa memahami materi pembelajaran, tidak akan bisa menjalankan prosedur kerja dari perusahaan ini.

Anggota tim harus memiliki cara berfikir yang luas dan mampu menyelesaikan masalah secara mandiri. STAR SHARE bukan seperti persahaan manufacture yang membutuhkan banyak tenaga buruh. Yang diperlukan adalah anggota Tim yang memiliki sifat mampu mengelola sistem yang besar. Oleh karena itu, jumlah anggota Tim dibatasi dan perekrutan nya.

Prosedur Kerja dan Pembelajaran

Untuk bisa mengoperasikan prosedur kerja yang ditentukan, para anggota Tim memiliki prosedur pembelajaran yang khusus pula (yang juga sering berbeda dengan kebanyakan pembelajaran yang dilakukan di sebuah perusahaan manufacture). Hal ini disebut sebagai OLP (Online Learning Procedure= Prosedur Pembelajaran Online).

Meskipun ini tampak seperti cara belajar otodidak melalui internet, namun OLP ini sangatlah berbeda. Ciri khusus dari OLP ini sendiri adalah memiliki materi yang sangat banyak dan lengkap. Dan User (Orang yang hendak menjalankan prosedur kerja dari tutorial yang dibacanya) harus memilki pemahaman yang kuat dan kedisiplinan secara mandiri. Tanpa adanya sifat- sifat tersebut, OLP ini akan gagal dipahami dan bahkan akan menjadi bahan pembelajaran yang sangat menjenuhkan.

Ada ciri khusus lain nya juga dalam OLP ini, seperti; memiliki dokumen lain yang tertaut, materi pembelajaran yang sangat detail dan sangat terstruktur, update konten setiap adanya perubahan, memiliki kosakata khusus, tutorial prosedur manajemen resiko, dll, yang akan dipelajari nantinya.

Orang yang belajar otodidak melalui internet kebanyakan belajar tentang materi secara loncat- loncat. Dimana hal ini sering menjadi kegagalan dalam memahami sesuatu secara keseluruhan. Karena memang, tidak ada (atau mungkin sangat jarang) sebuah artikel pembelajaran di internet yang diulas secara lengkap, sistematis, mendetail dan sesuai realitas di lapangan yang terjadi di waktu itu.

Subscribe
Notify of

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments