Recruitment Path 5

Recruitment Path 5

Ada tiga aspek penting dalam organisasi produksi; Human, Tool, Method and Material. Human atau Sumber Daya Manusia (SDM) adalah hal yang paling penting untuk membuat sebuah organisasi produksi bergerak. Semakin kritis peranan SDM tersebut, semakin bernilai lah mereka. Akan terjadi sebuah guncangan yang hebat apabila orang kunci (Key Person) dalam organisasi menjadi hilang atau keluar.

Peranan SDM dalam bisnis IT sangatlah krusial. Karena sedikitnya orang yang memiliki basic knowledge tersebut, menjadikan mereka unik dan sulit ditemukan. Ditambah lagi, ceruk bisnis IT di Indonesia masih tergolong baru, dan spesialisasi struktur sistem kerja dan organisasi dalam sebuah perusahaan IT yang bersangkutan, menjadikan SDM yang telah dilatik dan berpengalaman di bidang khusus ini menjadi sangat berharga. Secara sederhana nya, SDM dengan kemampuan umum (general) mudah ditemukan dan digaji lebih rendah daripada SDM yang memiliki kemampuan khusus. Anda bisa menemukan dan menggaji rendah karyawan yang bertugas menjaga warung makan, tetapi akan sulit menemukan orang yang mau digaji rendah untuk mereka yang dapat bekerja di bidang bisnis IT.

Mengingat budget pembangunan sistrem yang kami miliki tidaklah banyak, maka saya (Willy Yusuf Rahmadi) perlu memutar otak untuk bagaimana caranya mendapatkan SDM yang sesuai dengan kriteria yang perusahaan ini butuhkan, yang bisa di gaji (untuk sementara ini) tidak terlalu tinggi. Saya akan menjelaskan hal ini lebih lanjut nanti. Untuk sementara, saya akan berfokus pada penjelasan langkah- langkah yang telah kami lakukan untuk mendapatkan SDM yang kami butuhkan.

Pencarian Tenaga Ahli untuk Development Web& Mobile Apps

Membuat sesuatu yang kita tidak tahu seperti apa jadinya (hasil akhir nya), merupakan bagian dari Reset& Development yang harus dilakukan, untuk memiliki sebuah web& apps (sebagai salah satu contoh nya) yang compatible sesuai yang kita butuhkan. Poin yang perlu saya garis bawahi disini adalah; [1]. Aktivitas ini bukan aktivitas produktif yang apabila dikerjakan akan mendapatkan uang, dan [2]. Karena ketidakpastian terhadap hasil yang akan di dapatkan, maka biaya dalam tindakan ini dianggap biaya yang besar.

Saya berfikir, apabila saya merekrut tenaga waktu penuh, untuk mengerjakan aktivitas kerja ini, cost yang terjadi akan dapat tergolong sangat besar. Sederhana nya, kami harus menggaji seseorang untuk melakukan sesuatu yang hasilnya tidak diketahui (belum tentu berhasil). Karena itu, saya datang dengan sebuah rencana baru yang disebut dengan: Pickup Talent from University.

Penjelasan ringkas nya: Kebanyakan orang yang mencari pekerjaan adalah mereka yang [1]. Membutuhkan uang, [2]. Sedang dalam kondisi menganggur cukup lama. Seseorang yang memiliki kemampuan hebat selalu mendapatkan pekerjaan dengan mudah (atau mungkin langsung mendapatkan penawaran pekerjaan).

Karena bagian yang dikerjakan disini adalah development (pembangunan), maka merekrut orang yang membutuhkan uang adalah pilihan yang kurang baik. Orang yang berorientasi terhadap uang, akan melakukan pekerjaan sesuai prosedur dengan baik. Tapi mereka tidak bisa memberikan kemajuan. Setelah tujuan mereka tersebut bisa di dapatkan (dalam hal ini adalah uang) maka mereka tidak akan bergerak lebih jauh lagi untuk melakukan kemajuan.

Sedangkan orang yang menganggur, kebanyakan dari mereka tidak mendapatkan pekerjaan dikarenakan kualitas mereka tidak cukup hebat. Merekrut kandidat yang berkriteria ini akan membuat keadaan lebih worse. Sedangkan kita membutuhkan seseorang yang bisa membangun dan memberikan kemajuan di dalam organisasi.

Track Records

  • Perencanaan: Rencana ini di pegang oleh Kwee Andreas SS (Who). Setelah berdiskusi panjang lebar, rencana awal yang kami dapatkan adalah:
    • Menentukan metode (Methode). Metode yang digunakan adalah dengan cara menempelkan Poster tentang startup bisnis di semua universitas di semarang. Dengan harapan, akan ada Mahasiswa yang tertarik di bidang bisnis startup yang mau ikut bergabung bersama kami.
    • Menentukan jumlah universitas di Semarang (Where) dimana hal ini akan kita jadikan objek untuk menempelkan poster.
  • Eksekusi: Beberapa tahapan yang kami lakukan disini dalam menjalankan ide ini adalah sbb:
  • Hasil: Terhitung pada tanggal 7 Oktober 2017, terdapat 4 orang tertarik dengan startup ini. Lihat hasilnya disini: Result Recruitment Startup Semarang 2017 (Path 1)

 

Pencarian Administrator dan CS

Ini adalah tindakan untuk mengisi proyek Agency Prudential Online, dan Foxy Tracker (bagian CS). Di sesi ini, kita sedikit tersandung batu. UMR kota semarang saat ini adalah sekitar 2,1 juta/ bulan. Menjadi UMR kota tertinggi seluruh jawa tengah. Berdasarkan observasi yang saya lakukan, gaji untuk sebuah UKM adalah sekitar 1,3- 1,5 juta saja. Dalam melakukan perekrutan, kami mendapati beberapa kandidat potensial, yang sudah kami filter mulai dari niatan, jarak rumah ke kantor, harapan gaji yang diberikan, dan masih banyak hal lain nya. Namun, 2 kandidat utama kami, yang kami anggap telah sangat cocok untuk pekerjaan ini, keduanya mengundurkan diri.

Dalam pengalaman kami merekrut tenaga kerja, akan ada sekiranya 60% kandidat yang akan mengundurkan diri. Baik itu menolak untuk bekerja, atau mengundurkan diri setelah melakukan aktivitas kerja. Namun, di momen kali ini, kesemuanya (dua orang dari mereka) mengundurkan diri.

Perekrutan untuk bagian ini di pegang oleh Kwee Andreas Setiawan S. Sampai pada tanggal 7 oktober 2017 ini, kami masih belum mendapatkan kandidat yang tepat dan belum memiliki laporan yang bisa kami berikan.

Track Records

  • Pembuatan konten iklan, menentukan sarana tempat untuk beriklan (ditetapkan di OLX).
  • Pemasangan iklan di OLX: Detail iklan
  • Result:
  • Kendala implementasi:
    • Nomor WhatsApp yang biasanya digunakan untuk submit iklan di OLX tidak bisa digunakan. Hal ini malah menyebabkan iklan selalu ditolak, dan kemudian akun OLX menjadi di blokir (disable).
    • Pemecahan masalah tentang iklan lowongan yang selalu ditolak. Pihak OLX tidak mengatakan kesalahan yang dilakukan yang menyebabkan iklan ditolak. Kami berfikir kalau ada konten iklan yang menyalahi TOS OLX. Tetapi setelah ditelaah lebih lanjut, konten iklan telah sesuai standart TOS yang berlaku. Hingga akhirnya, dilakukan pembuatan akun OLX beberapa kali, dan dalam beberapa kali tersebut iklan selalu ditolak. Hingga kami menyadari, kalau yang sebenarnya bermasalah adalah nomor telpon verifikasi yang dicantumkan disana.
    • Perekrutan Administrator untuk tenaga kerja waktu penuh ini kami lakukan 2X. Metode pertama kami anggap kurang begitu sukses, karena hanya ada sekiranya 6 kandidat yang meng-apply lamaran kerja ini. Hal ini mungkin dikarenakan metode yang sebelumnya kami gunakan terlalu ketat. Salah satunya adalah mengirimkan jawaban evaluasi pada pukul 02:00 – 04:00 dini hari.
    • Kami kemudian mengambil kesimpulan untuk menjaring tenaga kerja terlebih dahulu dengan jumlah cukup banyak, kemudian akan mempoles performa mereka ketika mereka sudah memasuki pekerjaan. Namun hal ini menjadi keputusan yang berat, dikarenakan dua orang kandidat sebelumnya, yang memiliki potensi dan kriteria yang sangat cocok dengan pekerjaan ini, ternyata akhirnya keluar. Namun, kami tetap mengubah metode perekrutan ini dengan lebih bebas (tidak terlalu restrictict).

 

Pencarian Tenaga Kerja Operasional

Tenaga Operasional mengkhususkan kami mencarinya dalam bentuk Freelance. Kami mencari Freelancer dengan merekrut para mahasiswa yang membutuhkan uang tambahan untuk kuliah nya.

Track Records

  • Pembuatan konten iklan, menentukan sarana tempat untuk beriklan (ditetapkan di OLX).
  • Pemasangan iklan di OLX: Detail iklan
  • Result:
    • Viewers: 1824 view
    • Metode: Iklan biasa
    • Dihubungi: 4 X
    • Difavoritkan: 4 orang.
    • Pendaftar via WhatsApp: 40 an (estimasi).
    • Jumlah aplikasi lamaran diterima via form (khusus untuk bag. Administrasi): 3 aplicant. Lihat dokumentasinya disini: [Klik disini]
    • Jumlah aplikasi lamaran yang diterima (lolos tes seleksi dasar): 16 aplicant. Lihat dokumentasinya disini: [Klik disini]
    • Halaman lowongan kerja: Lowongan Kerja | Administrator (REC-PT.5.A)
  • Kendala Implementasi: Untuk saat ini, tidak ada kendala implementasi yang berarti. Kami hanya perlu membuat halaman dan form perekrutan yang baru untuk acara ini.