Cara Menggunakan Forum

Cara Menggunakan Forum

Forum adalah sebuah fitur yang bisa digunakan untuk berinteraksi dan berbagi informasi. Bagi  Members, forum bisa digunakan untuk menanyakan sesuatu, memposting suatu tugas tertentu, membuka suatu diskusi mengenai aktivitas kerja, dsb. Forum juga bisa digunakan oleh Admin untuk berbagai keperluan seperti: memposting pemberitahuan, pemecahan masalah (troubleshooting), dsb.

Latar Belakang

Members dalam melakukan aktivitas kerja, membutuhkan interaksi dan komunikasi, baik itu dengan members lain nya, ataupun dengan admin. Oleh karena itu, diperlukan sebuah fitur yang bisa mereka gunakan untuk melakukan nya.

Sebelum nya kami menggunakan Facebook Group untuk melakukan  interaksi dan komunikasi. Namun, dikarenakan beberapa alasan, kami mengganti nya di Forum.

Tujuan

  1. Memahami cara penggunaan forum sesuai dengan aturan platform ini.
  2. Menghindari terjadinya kesalahan dalam pembuatan thread.

 

Jenis- jenis Forum

Pertama- tama, Anda harus mengetahui beberapa perbedaan tampilan forum. Karena setiap jenis tampilan forum, memiliki aturan memposting/ menjawab/ membuat topik yang berbeda. Adapun jenis- jenis forum adalah sbb:

Simplified

Jenis Forum Simplified digunakan untuk memberikan kritik, saran, dan umpan balik kepada perusahaan. Simplified mirip dengan jenis forum Extended.

Tampilan Sub-Forum Simplified
Tampilan Daftar Thread
Tampilan Thread
Tampilan Menjawab Thread

Extended

Jenis forum ini digunakan sebagai pemberitahuan dari admin kepada member. Berikut adalah tampilan form untuk menjawab post kepada admin.

Tampilan Sub-Forum Extended
Tampilan Daftar Thread
Tampilan Thread
Tampilan Menjawab Thread

Q&A

Jenis forum ini digunakan untuk memberikan pertanyaan dan jawaban antara member forum dengan admin/author. 

Tampilan Sub-Forum Q&A
Tampilan Daftar Thread
Tampilan Thread

Lain- lain

Tampilan Menjawab Thread

Q&A memiliki 2 cara untuk membalas sebuah thread.

Comment- Comment digunakan untuk menanggapi atau memberikan respon dari sebuah thread.
Reply- Reply digunakan untuk memberikan jawaban pada suatu thread.

Threaded

Tampilan Sub-Forum Threaded
Tampilan Daftar Thread
Tampilan Thread
Tampilan Menjawab Thread

Forum yang dapat digunakan oleh member diantaranya adalah

  1. Diskusi: [KLIK DISINI]
  2. Pertanyaan Umum: [KLIK DISINI]
  3. Bugs dan Kendala Pengerjaan: [KLIK DISINI]

Pembelajaran Utama

  1. Untuk menuliskan pertanyaan atau membuat thread yang baru, pilih terlebih dahulu salah satu forum yang diinginkan, lalu tekan “Ask a question”. Kemudian tulis apa yang ingin ditanyakan.
  2. Untuk merespon suatu pertanyaan (misalkan ingin menyampaikan bahwa anda mengalami hal serupa, diskusi tentang pertanyaan), tekan “Add a comment”, lalu isi apa yang ingin direspon.
  3. Untuk memberikan jawaban pada suatu pertanyaan, tulis langsung pada bagian “Your Answer” apa yang ingin dijawab. Mohon untuk memperhatikan bahwa hal ini berbeda dengan penggunaan “Add a comment” pada poin ke-2.
  4. Apabila anda menemukan suatu pertanyaan, tetapi pertanyaan tersebut memiliki solusi dalam thread lain, silakan untuk menuliskan link thread tersebut untuk membantu memberikan jawaban.
  5. Untuk menanggapi suatu pertanyaan atau respon dari seseorang, mention pengguna tersebut dengan menambahkan simbol ‘@’ (Contohnya @budisetiawan). Mohon untuk selalu digunakan agar orang tersebut mendapatkan notifikasi bahwa anda mention kepada orang tersebut.

Pembelajaran Sekunder

  1. Keterangan tentang setiap sub-forum tertulis pada deskripsi sub-forum tersebut.
  2. Untuk membalas tanggapan tertentu dalam sebuah pertanyaan atau jawaban, silakan untuk menggunakan fitur Quotes. Fitur ini dapat digunakan dengan cara memblok kalimat tertentu pada pertanyaan atau jawaban tersebut, kemudian tekan simbol tanda petik dua (“). Catatan : Quotes bersama teks tanggapan yang anda ditulis dianggap sebagai “Answer”, bukan “Comment” pada suatu post.
Blok kalimat tertentu, lalu tekan simbol “
Tampilan setelah menekan simbol “
Subscribe
Notify of

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments