Poin Pelanggaran

Pengertian

Poin Pelanggaran adalah nilai pelanggaran yang dilakukan oleh Anggota, dimana poin ini akan di akumulasikan dalam satu bulan. Poin Pelanggaran menunjukan seberapa besar anggota melanggar ketetapan (aturan, ketentuan, dll) yang ada di perusahaan.

Poin pelanggaran adalah sebuah peringatan yang bersifat formal, yang diberikan oleh pihak Perusahaan kepada Anggota melalui department HRD, yang dikarenakan Anggota melakukan tindakan pelanggaran aturan, pelanggaran kode etik, mendapatkan akumulasi dari Poin Pelanggaran Otomatis/ Manual atau kedua nya, dan berbagai alasan yang lain nya.

Poin Pelanggaran ini adalah pengganti dari Surat Peringatan. Lihat juga mengenai “Pengertian Pelanggaran” disini: Pengertian Pelanggaran dan Cara Penilaian nya >> (Section) Pengertian Pelanggaran | Startup Semarang.

Latar Belakang

Setiap orang pasti pernah melakukan pelanggaran, baik itu yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Tapi, setiap pelanggaran memiliki batasan toleransi. Pelanggaran dalam setiap jenis kasus pun tidak bisa dihitung sama rata. Misalkan, pelanggaran Mangkir dan pelanggaran karena kelalaian dalam mengerjakan tugas tidak bisa dihitung pelanggaran yang sama besar. Oleh karena itu, ketentuan mengenai poin pelanggaran ini harus diberikan.

KETETAPAN

FILTERED BY: UMUM

  • Anggota menyatakan menerima ketentuan jumlah poin pelanggaran yang telah ditetapkan.
  • Anggota menyatakan menerima ketentuan batasan poin pelanggaran yang telah ditetapkan.
  • Anggota menyatakan menerima keputusan mengenai berapapun jumlah poin pelanggaran atas jenis tindakan yang belum ditentukan.
  • Anggota menyatakan siap menerima Poin Pelanggaran apabila terbukti melakukan pelanggaran aturan atau tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan, dan menerima konsekuensi akibat dari Poin Pelanggaran yang di dapatkan tersebut.
  • Penetapan jenis Pelanggaran Manual di dasarkan atas keputusan subjektif dari pihak perusahaan yang tidak bisa diganggu gugat.
    • Jadi, misalkan poin pelanggaran yang akan di dapatkan anggota yang Mangkir adalah (misalnya) 20 poin. Maka, nilai 20 poin yang sudah di tetapkan ini, tidak bisa di ganggu gugat lagi.
  • Poin pelanggaran yang didapatkan, bisa dikurangi dengan tindakan:
    • Membuat Video Pernyataan Kesalahan. Contoh:
    • Membuat Surat Pernyataan Kesalahan.
    • Membayar denda.
  • Ketentuan penggunaan tindakan pengurangan poin pelanggaran:
    • Video Pernyataan Kesalahan dan Denda: Dapat digunakan untuk mengurangi kesalahan seperti: pengerjaan tugas reguler Edu Digime Bay, tugas pembelajaran (LMS) di Edu Digime Bay, dan Absensi (semua tugas bagian external).
    • Surat Pernyataan Kesalahan: Dapat digunakan untuk mengurangi kesalahan ketika mengerjakan tugas internal (tugas khusus yang diberikan oleh pihak Perusahaan).
  • Batas waktu pengiriman.
    • Membuat Video Pernyataan Kesalahan: Di kirimkan sebelum minggu depan, atau sebelum pengecekan selanjutnya dilakukan.
      • Contoh 1: Anda melakukan kesalahan pengerjaan tugas reguler secara fatal pada hari Rabu, sehingga diminta untuk membuat Video Pernyataan Kesalahan. Video Pernyataan Kesalahan tersebut harus dikirimkan sebelum hari Senin di minggu depan.
      • Contoh 2: Anda tidak melakukan absensi di hari Sabtu, kemudian dianggap mangkir. Oleh karena itu, Anda diminta untuk membuat Video Pernyataan Kesalahan. Video Pernyataan Kesalahan tersebut harus dikirimkan sebelum hari Senin di minggu depan. Karena waktu nya terbatas, maka Anda harus membuat nya di hari minggu.
    • Membuat Surat Pernyataan Kesalahan: Di kirimkan segera di hari tersebut.
      • Contoh 1: Anda melakukan kesalahan pengerjaan tugas yang diberikan oleh pihak perusahaan pada hari Selasa, sehingga diminta untuk membuat Surat Pernyataan Kesalahan. Surat Pernyataan Kesalahan tersebut harus dikirimkan sebelum hari Rabu.

FILTERED BY: STATUS

  • Employee:
    • Absensi: 2 (dua) Poin.
    • Tugas Reguler: 10 (sepuluh) poin.
  • Kontributor: –
  • Freelancer: –
  • Magang:
    • Absensi: 5 (lima) Poin.
    • Tugas Reguler: 20 (duapuluh) poin.

FILTERED BY: KHUSUS

  • Lain nya (yang belum ditentukan diatas): maksimal 100 poin (seratus poin). Diberikan dengan menggunakan metode Poin Pelanggaran Manual.

KONSEKUENSI

  • Apabila poin pelanggaran mencapai batasan nya, maka pihak Perusahaan memiliki hak untuk: Memberhentikan anggota, menonaktifkan keanggotaan sementara, memindahkan anggota ke bagian lain, melakukan tuntutan hukum, atau memberikan hukuman lain (tergantung dari keputusan pihak Perusahaan).
  • Hak anggota tidak dapat diberikan atau diberikan sebagian saja, karena kewajiban mereka tidak di laksanakan dengan dibuktikan nya dengan adanya Poin Pelanggaran yang mereka terima.
  • Anggota dengan status Magang, bisa membayar denda untuk mengurangi poin pelanggaran yang di dapatkan.

CATATAN

  • Pelanggaran/ kesalahan fatal akan mendapatkan Poin pelanggaran yang sangat banyak. Dimana jumlah nya akan tergantung sepenuhnya oleh keputusan pihak perusahaan.
  • Kita disini bekerja dengan tim. Bukan bekerja sendiri. Bekerja dengan Tim harus menggunakan sinkronisasi aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Upline. Jika Anggota tidak menjalankan prosedur kerja berdasarkan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan, sinkronisasi antar anggota tidak akan berjalan. Organisasi akan mengarah pada bencana. Hal ini membahayakan stabilitas organisasi.
  • Besaran jumlah poin pelanggaran manual yang diberikan, akan di dasarkan atas:
    • Fatal nya pelanggaran yang di dapatkan. Semakin fatal kesalahan yang di dapatkan, maka semakin besar poin pelanggaran manual yang diberikan.
    • Kesengajaan dan kelalaian. Apabila kesalahan yang dilakukan dikarenakan kesengajaan ataupun kelalaian, maka semakin besar poin pelanggaran manual yang diberikan.

Changelog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.