Perubahan dan Pengambilan Keputusan

Tindakan ataupun ketentuan dalam mengambil sebuah keputusan dalam suatu sengketa ataupun permasalahan yang terjadi ketika melakukan aktivitas kerja, membuat suatu strategi bisnis, membuat keputusan krusial, dll, yang dimana disini dikhususkan untuk pembahasan di tingkat manajemen.

KETETAPAN

  • Keputusan yang tidak krusial (tidak terlalu penting) akan diambil pihak CEO secara sepihak.
    • PENJELASAN: Untuk mendapatkan manajemen waktu yang baik, maka setiap keputusan dan ketentuan yang tidak terlalu menyangkut tentang hal yang krusial atau tidak terlalu berdampak signifikan, akan diambil oleh CEO atau pihak level 1 secara sepihak.
    • ALASAN: Jika semua keputusan harus di diskusikan dengan semua anggota Tim Inti, akan selalu ada perbedaan pandangan tentang keputusan ini yang perlu di selaraskan agar mayoritas anggota menyetujui nya. Kita saat ini berada dalam kondisi startup, dimana sangat banyak sekali hal yang belum di atur. Terdapat ratusan hal yang belum diatur. Jika setiap hal perlu di diskusikan dalam pengambilan keputusan nya, dan setiap diskusi memerlukan waktu 1-3 jam, yang dimana (dari pengalaman sebelumnya) ini hanya masalah tentang penjelasan mengenai keputusan yang diambil. Karena (dari Pengalaman) para Anggota kebanyakan akan setuju setelah penjelasan diberikan, maka untuk menghindari waktu dan energi yang terbuang hanya untuk memberikan penjelasan, maka keputusan di waktu pertama akan di ambil oleh pihak Level 1 secara sepihak.
  • Perubahan atau pengambilan keputusan yang krusial.
    • PENJELASAN: CEO atau pihak level 1, memiliki suara sebanyak 35%. Sedangkan pihak level 2 (COO, Head COO, Head Administrator, dll) memiliki andil suara sebanyak 65%. Keputusan menjadi valid (di putuskan atau diubah) jika suara mencapai lebih dari 50%.
    • ALASAN: Dalam men-drive organisasi, mayoritas anggota dari kelompok harus menyetujui tentang keputusan tersebut. Namun, kata “Mayoritas” yang di maksud tidak berarti semua anggota memiliki persentase andil suara yang sama. Pemimpin harus memiliki andil suara yang lebih besar, untuk menghindarkan kesalahan langkah yang terjadi yang disebabkan karena ketidaktahuan dari kebanyakan anggota.
    • CONTOH KASUS: Terdapat sekelompok petani yang berjumlah 10 orang. 1 diantara mereka adalah pemimpin kelompok petani. Para petani ingin segera mendapatkan penghasilan yang besar dengan cara menanam Palawija di tanah mereka, yang seumur hidup tidak pernah mereka lakukan sebelum nya. Tetapi, Pemimpin petani tersebut menolak adanya keputusan ini. Karena dari pengalaman dan data dari pemerintah tentang struktur tanah, yang diketahui oleh Pemimpin petani tersebut, tanaman Palawija tidak bisa tumbuh di tanah mereka. Jika mereka memaksakan diri, maka tanaman Palawija itu tidak bisa tumbuh dengan baik dan para petani akan menderita kerugian. Jika keputusan kelompok didasarkan atas Mayoritas pendapat dari anggota yang ada, yang dimana Pemimpin tidak memiliki andil suara yang lebih besar daripada anggota kelompok yang lain, maka arah suatu kelompok akan menuju ke bencana. Karena arah ditentukan oleh kebanyakan orang yang tidak mengetahui sesuatu

KONSEKUENSI

  • Keberatan atas keputusan yang diambil oleh pihak Level 1 atau CEO.
    • PENJELASAN: Keputusan, baik yang krusial maupun biasa, terkadang bertabrakan dengan ketentuan pihak tertentu. Berikut ini adalah ketentuan yang harus dilakukan oleh pihak yang keberatan, untuk mendapatkan perubahan keputusan tersebut.
      • Keberatan bisa langsung di sampaikan ke pihak Level 1.
        • Jika keberatan diterima, maka Pihak Level 1 bisa melakukan perubahan keputusan secara langsung dan sepihak, berdasarkan acuan dari pihak yang merasa keberatan.
        • Jika keberatan tidak diterima, atau jika pihak Level 1 tidak menyetujui secara langsung tentang permintaan perubahan tersebut, maka pihak yang merasa keberatan tersebut harus membuka forum diskusi untuk meminta suara anggota lain untuk melakukan perubahan yang menentang keputusan sepihak yang dilakukan oleh Pihak Level 1.
      • Keberatan disampaikan ke Forum apabila keberatan yang disampaikan langsung kepada pihak CEO tidak disetujui.
        • Jika terdapat suatu keberatan, maka pihak yang merasa keberatan harus membuka sebuah Forum diskusi untuk perubahan aturan itu dan meyakinkan pihak lain untuk mendukung suara nya. Pihak yang keberatan harus mendapatkan suara lebih dari 50% di dalam forum, sebagai syarat agar perubahan atas hal yang menjadi suatu keberatan nya tersebut bisa di ubah.
        • Persentase suara tetap sama seperti yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Keputusan atas ketentuan yang belum di tentukan akan diambil pihak CEO secara sepihak.
    • PENJELASAN: Ketentuan yang belum di tentukan atau di set, adalah ketentuan yang belum dibuat dikarenakan belum adanya waktu atau tenaga dalam melakukan nya. Pihak CEO akan mengambil keputusan secara sepihak untuk ketentuan yang sebelumnya belum ada.
    • ALASAN: Kembali lagi terhadap efisiensi waktu dan tenaga. Startup adalah suatu usaha yang sistem di dalam nya belum banyak yang dibuat. Jika setiap keputusan selalu membutuhkan musyawarah untuk melakukan nya, maka pekerjaan yang harus dilakukan akan habis waktu dan tenaga nya hanya untuk memperdebatkan hal ini. Disisi lain, selalu ada pihak yang akan dirugikan dalam setiap keputusan yang diambil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.