Pembayaran dan Refund

Definisi Pembayaran: Pembayaran adalah tindakan yang dilakukan oleh Anggota/ Customer untuk membayar suatu biaya ke Perusahaan. Biaya yang dimaksud dapat berupa: Pembayaran biaya cetak sertifikat, pendaftaran magang, pembayaran layanan, pembelian suatu produk, dll.

Definisi Pembeli: Orang yang melakukan transaksi pembelian produk/ jasa (layanan) di anak perusahaan STAR SHARE. Mereka bisa berupa: Anggota/ mantan Anggota/ Customer/ Klien.

Definisi Refund: Tindakan pengembalian dana yang sudah diberikan oleh Anggota/ mantan Anggota/ Customer/ Klien, kepada pihak perusahaan, dengan syarat dan ketentuan yang akan dijelaskan dibawah ini. Refund akan dilakukan apabila terjadi keadaan yang akan dijelaskan sbb:

Pembayaran yang dilakukan oleh Anggota/ mantan Anggota/ Customer/ Klien, kepada Perusahaan, yang digunakan untuk membeli/ membayar Produk/ layanan, tetapi Anggota/ mantan Anggota/ Customer/ Klien tersebut…

  1. Tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Contoh kasus sbb:
    1. Terdapat seorang anggota magang, yang melakukan magang selama 1 bulan. Dia melakukan pemesanan sertifikat. Namun, sertifikat tersebut hanya bisa diberikan kepada anggota yang melakukan magang minimal 2 bulan. Pembayaran yang dilakukan anggota tersebut akan dianggap sebagai Pembayaran Invalid.
  2. Tidak menyertakan informasi yang dibutuhkan untuk memproses produk/ layanan yang dibeli tersebut.
  3. Dianggap akan menggunakan Produk/ Layanan tersebut untuk tindakan yang berbahaya atau berpotensi menimbulkan kriminalitas.
  4. Apabila produk/ jasa yang diterima oleh pembeli tidak sesuai dengan deskripsi, maka hal pertama yang akan dilakukan adalah perbaikan atas produk/ jasa yang dipesan tersebut. Pembeli tidak bisa langsung meminta refund.

KETENTUAN

  • Refund dikenakan biaya Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah) untuk biaya admin.
  • Refund dengan nominal kurang dari Rp. 20.000 (dua puluh ribu rupiah) tidak bisa dikembalikan (hangus).
    • Dana refund akan dikurangi dengan biaya admin. Sehingga, nominal Rp. 20.000, akan menjadi Rp. 10.000, dimana nominal tersebut tidak bisa ditransfer.
  • Anggota yang mengalami Refund, harus menyertakan kelengkapan yang dibutuhkan: Nomor rekening tujuan, dsb, untuk menerima kembali pengembalian dana.
    • Kelengkapan yang dimaksud, bisa dilihat di masing- masing halaman ketentuan refund di setiap situs yang digunakan untuk transaksi, atau sesuai instruksi yang diberikan oleh admin situs yang digunakan untuk transaksi tersebut.
  • Perusahaan memberikan waktu selama 7 (tujuh) hari untuk meminta menyediakan kelengkapan refund.
  • Perusahaan memberikan waktu 7 (tujuh) hari untuk melengkapi data order yang dibutuhkan dengan valid (benar dan lengkap), bila data yang disajikan ada yang tidak valid.
    • Lebih dari waktu tersebut, pembeli bisa mengajukan refund.
  • Pengajuan refund harus menggunakan prosedur yang dijelaskan di masing- masing situs yang digunakan untuk transaksi tersebut.
    • Prosedur ini dituliskan di sebuah post dalam situs tersebut, dimana tautan dari post tersebut telah disertakan pada halaman Syarat dan Ketentuan di masing- masing situs.
    • Halaman Syarat dan Ketentuan di masing- masing situs hanya ada satu. Biasanya ada di bagian Footer atau halaman Menu Lanjutan. Jadi, tidak akan sulit menemukan nya.
  • Jalur komunikasi untuk menyediakan kekurangan data ketika terjadi pemesanan, harus sesuai yang dijelaskan pada halaman Syarat dan Ketentuan di masing- masing situs yang digunakan untuk transaksi tersebut.
  • Produk/ layanan yang sudah diproses, dimana hasil proses tersebut telah sesuai dengan deskripsi produk/ layanan yang telah dicantumkan, maka tidak bisa dilakukan refund.
  • Produk/ Layanan yang dikomplain lebih dari 7 hari, tidak bisa diminta perbaikan/ refund.
  • Waktu respon yang diberikan oleh Admin/ Customer Care adalah 1-3 hari.

KONSEKUENSI

  • Diluar dari jangka waktu yang telah ditentukan dalam penyediaan kelengkapan pengembalian “Denda Invalid”, maka refund akan dianggap hangus.
  • Refund dengan nominal kurang dari Rp. 20.000 (dua puluh ribu rupiah) yang telah dikurangi dengan pemotongan biaya admin, tidak bisa dikembalikan (hangus).
  • Data order yang tidak dilengkapi dengan valid, melebihi jangka waktu yang ditentukan, akan dilakukan refund.

Leave a Reply