Koordinasi dan Komunikasi

[Deskripsi Umum]:

  1. Aktivitas pengorganisasian dari tindakan setiap atau beberapa anggota dengan sebuah instruksi yang diberikan pihak Upline ataupun pihak perusahaan, dalam lingkup aktivitas kerja.
  2. Hal atau tindakan yang dilakukan oleh Anggota di dalam jam kerja yang digunakan untuk tujuan mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan tugas yang diberikan oleh pihak perusahaan ataupun pihak upline mereka.
  3. Aturan yang harus di patuhi oleh Anggota ketika melakukan aktivitas kerja.

[Deskripsi Khusus]: Aturan dan perintah dari pihak Upline yang harus ditaati oleh Anggota ketika melakukan aktivitas kerja agar target kerja terpenuhi.

KETETAPAN

FILTERED BY: UMUM

  1. Selalu mengaktifkan dan menggunakan platform messagging WhatsApp. Karena itu digunakan untuk media komunikasi utama kita [Added Nov 16, 2018]
  2. Apabila terdapat pesan yang di kirimkan oleh Anggota Tim yang bersifat penting/ urgent, namun tidak bisa di balas pada waktu itu juga karena Anda mungkin memiliki kegiatan lain yang sama- sama urgent/ penting, sehingga tidak akan bisa membalas nya dengan segera, maka berikan keterangan tentang: [1]. Aktivitas yang Anda lakukan saat itu, [2]. berikan penjelasan jikalau Anda tidak bisa memberi balasan segera, dan [3] Kapan (jam) Anda bisa menindak lanjuti pesan tersebut [Added Nov 16, 2018]
    1. Pesan yang bersifat penting di tandai dengan kalimat “Urgent” pada pesan yang di kirimkan.
    2. Contoh Kasus:
      • Manager Departement: “Hallo, Budi. File kemarin yang Anda kirimkan tidak bisa di temukan. Apakah bisa di kirimkan ulang?. Urgent !.” (Keadaan: Budi saat itu sedang menjalankan Event Organizer di kampus nya).
      • Budi: Maaf, belum bisa saya kirimkan saat ini karena saya sedang melakukan aktivitas persiapan event organizer. Akan saya kirimkan nanti pukul 21:00.
  3. Apabila tidak bisa membalas pesan lebih dari 10 menit yang di kirimkan oleh Anggota lain, di waktu selanjutnya ketika membalas nya di waktu luang yang Anda miliki, harus menyertakan alasan atas keterlambatan dalam membalas pesan tersebut [Added Nov 16, 2018].
    1. Contoh Kasus:
      1. 09:00 by Manager Departement: Hallo, Budi. File kemarin yang Anda kirimkan tidak bisa di temukan. Apakah bisa di kirimkan ulang?. Urgent !.
      2. Keadaan: Budi saat itu sedang menjalankan Event Organizer (EO) di kampus nya. Keadaan sangat sibuk sekali, sehingga dia harus mematikan HP nya.
      3. 21:00 by Budi: Halo, pak. MBB, karena tadi ada EO. File nya akan saya transfer ulang 30 menit lagi pak.
  4. Semua pesan dan mention di dalam group internal Facebook, harus di balas. Apabila pesan itu tidak berisikan instruksi yang panjang, maka cukup berikan komentar “All Confirmed”.
  5. Video Streaming ataupun dokumen atau status, dengan caption “Wajib” harus di tonton dan/ atau dibaca sampai selesai. Setelah menonton nya, berikan komentar “Sudah saya tonton semuanya, dan sudah terkonfirmasi”.

FILTERED BY: ACTIVITY

  • Di Semarang:
    • Tanyakan permasalahan kepada kepala divisi ataupun kepada staff departement yang berhubungan dengan permasalahan Anda. Jangan tanyakan kepada level upline diatas nya. Ingat selalu dengan hierarki kerja.
    • Apabila Anda mendapati tugas langsung dari upline, ataupun seseorang yang di tunjuk sebagai upline, maka tanyakan permasalahn tugas yang muncul kepada dia.
  • Remote:
    • Ajukan pertanyaan kepada Anggota lain di dalam Groups (baik itu Groups WhatsApp atau Groups Facebook atau Groups yang lain), dengan cara Me-mention nama mereka. Kepala Divisi Anda, atau Supervisor Anda mungkin tidak ada waktu untuk membalas dan membantu Anda menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.  Jadi, gunakan rekan Anda untuk membantu Anda. Jika Anda malu mengajukan pertanyaan di Groups, maka bisa dipastikan Anda akan tertinggal.
    • Gunakan Screenshot atau ambil gambar terhadap permasalahan yang Anda hadapi, kemudian cantumkan itu di dalam Groups. Agar Kepala Divisi, atau Supervisor, atau Anggota yang lain bisa membantu Anda dengan mudah.
      • Bayangkan apabila Anda mengajukan pertanyaan “Saya tidak bisa mengakses halaman tersebut”. Ini merupakan pertanyaan yang semu, dan banyak kemungkinan penyebab nya. Namun, jika Anda menyertakan screenshot tampilan permasalahan Anda, maka orang- orang akan lebih mengerti tentang kendala yang Anda hadapi. Sehingga lebih mudah memberikan solusi.
    • Gunakan Group Facebook sebagai problem solving. Untuk memudahkan komunikasi, dan menuliskan pertanyaan, ataupun mengirimkan screenshot gambar kendala yang Anda hadapi, akan jauh lebih mudah menggunakan WhatsApp Web. Anda bisa menggunakan nya disini: https://web.whatsapp.com
    • Semua bentuk pertanyaan mengenai tugas atau project yang diberikan, harus diajukan di dalam group Facebook yang telah ditentukan. Tidak disarankan untuk menanyakan nya melalui private messages kepada koordinator/ kepala divisi/ SPV/ Spi/ MD (kecuali sangat darurat).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.