Department: HRD- CHRO

Department: HRD- CHRO

Informasi Department

  • Penjelasan: Departemen yang mengurusi perihal tentang penyediaan SDM untuk semua organisasi dan startup. Bertugas juga dalam development dan maintenance (pemeliharaan) skill dan performa SDM.
  • Jenis: Ordinary Departement.
  • Jabatan: Manager Departement.
  • Sebutan Jabatan: CHRO (Chief Human Resource Officer).
  • Level: 2
  • Departement Upline: Board of Directors
  • Departement Downline: 

Tanggung Jawab:

  • Mensuplai kebutuhan SDM di semua departemen, startup dan organisasi.
  • Memberikan calon kandidat yang tepat dan potensial untuk department yang membutuhkan.
  • Menjaga setiap SDM yang terlibat di dalam organisasi selalu memiliki kualitas yang prima sepanjang waktu.
  • Memberikan laporan yang valid atas skill dan performa kerja dari setiap anggota di perusahaan kepada pihak manajemen upline.
  • Memastikan semua anggota memahami pembelajaran dasar yang tidak terkait dengan aktivitas kerja spesifik di dalam departement.

Tugas (Job Description):

  • Melakukan pencarian SDM sesuai dengan kriteria yang sedang dibutuhkan.
  • Menjalankan tes seleksi (Interview, tes tertulis, dsb) sekaligus menyaring calon kandidat, agar mendapatkan kandidat yang tepat dan potensial, yang nantinya akan bergabung dengan organisasi.
  • Memberi pembelajaran dasar mengenai organisasi, budaya kerja, aturan, hal teknis dasar dalam bekerja, dan semua hal dasar mengenai pekerjaan (yang tidak menyangkut hal khusus pembelajaran department yang di tempati) kepada anggota yang baru masuk ke dalam perusahaan.
  • Melakukan test untuk mengetahui potensi, kapabilitas, kemampuan dan bakat dasar, dari para anggota untuk digunakan sebagai bahan acuan guna penempatan ke posisi divisi ataupun departement yang lebih cocok.
  • Melakukan penilaian atas performa kerja yang dilakukan untuk dijadikan bahan laporan, bahan evaluasi dan bahan raport kepada pihak manajemen upline.
  • Mengeluarkan dan menyerahkan surat keterangan performa anggota (sertifikat kerja, sertifikat magang, raport magang, dll).
  • Melakukan pengurusan pendataan, legalitas, dan prosedur administrasi atas anggota yang masuk, yang keluar, absen sementara dan cuti.
  • Merespon pertanyaan yang muncul dari calon kandidat yang berminat untuk bergabung ke dalam perusahaan.
  • Melakukan development skill personality (self development) untuk semua anggota yang menjalankan aktivitas kerja sehingga skill dasar menjadi semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Wewenang:

  • Mengeluarkan SP (Surat Peringatan), surat pemecatan, blacklist, dan penangguhan, kepada anggota yang telah terbukti melakukan pelanggaran, sesuai dengan laporan yang dikirimkan oleh departement terkait.
  • Memberikan approvement entry final (persetujuan bergabung yang bersifat final) kepada calon anggota yang masuk ke perusahaan.
  • Menentukan metode dalam melakukan pencarian ataupun seleksi calon anggota.

Kualifikasi Khusus Manager Departement [?]

  • Memiliki passion di bidang manajemen SDM, yang antara lain meliputi: peningkatan performa SDM, administrasi SDM, pengelolaan SDM, dll.
  • Memiliki pengetahuan dasar tentang perekrutan dan sistematika kerja nya.
  • Memiliki rasa percaya diri yang cukup, dalam menyampaikan informasi ataupun berinteraksi secara langsung kepada orang ataupun sekumpulan kelompok.
  • Memiliki komunikasi yang lancar, baik dalam segi gaya bicara maupun penyampaian pesan kepada orang lain.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.